Penerimaan Pajak 2017 di Sumut Tumbuh 6,55%

Senin, 8 Januari 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM  –   Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak   Sumatera Utara II (Kanwil DJP Sumut II) selama  tahun 2017 berhasil membukukan realisasi penerimaan pajak sebesar Rp. 4,891 triliun atau tumbuh sebesar 6.55% dibandingkan dengan realisasi penerimaan tahun sebelumnya.

Realisasi ini sama dengan 90.91% dari target penerimaan Kanwil DJP Sumut II sebesar Rp. 5,380 triliun.

“Capaian ini menunjukkan peningkatan yang sangat baik apabila dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 80.15% dari target yang dibebankan. Hal ini mencerminkan sebuah tren penerimaan yang sehat dan terdapat optimisme yang tinggi terhadap kinerja penerimaan dimasa yang akan datang. Kanwil DJP Sumut II berada di peringkat 12 dari 33 Kanwil Pajak dalam hal realisasi penerimaan,” kata Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara II  Tri Bowo, pekan lalu.

Secara rinci, realisasi penerimaan dari masing-masing Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama yang berada dibawah Kanwil DJP Sumatera Utara II yaitu   KPP Pratama Rantau Prapat Rp. 1,146 triliun;
KPP Pratama Padang Sidempuan Rp. 905,447 milyar;   KPP Pratama Pematang Siantar Rp. 799,759 milyar;  KPP Pratama Tebing Tinggi Rp. 384,176 milyar;   KPP Pratama Sibolga Rp. 433,919 milyar;
f. KPP Pratama Balige Rp. 359,312 milyar;   KPP Pratama Kabanjahe Rp. 226,772 milyar; dan  KPP Pratama Kisaran Rp. 620,111 milyar.

Khusus untuk KPP Pratama Rantau Prapat berhasil membukukan penerimaan pajak sebesar 105.94% dari target yang dibebankan sebesar Rp. 1.082 triliun dengan tingkat pertumbuhan sebesar 24.52%.

“Pencapaian KPP Pratama Rantau Prapat ini didukung oleh keberhasilan penggalian potensi perpajakan dari sektor perkebunan kelapa sawit terutama dari wajib pajak pedagang pengumpul yang mencatatkan pertumbuhan yang sangat signifikan dalam pembayaran Pajak Pertambahan Nilai,” ungkap Tri Bowo.

Artikel Terkait:   Indonesia-Argentina dan Pelaku Usaha MERCOSUR Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Secara nasional, penerimaan negara dari sektor pajak mencatat rekor tertinggi dalam 3 tahun terakhir dengan mencapai angka penerimaan sebesar Rp1,339 trilliun atau 91 persen dari target penerimaan pajak APBN Perubahan 2017, tumbuh 4.3% dari realiasasi tahun 2016.

Pencapaian nasional ini bila tidak memperhitungkan hasil program amnesty pajak, penerimaaan pajak tahun 2017 tumbuh sebesar 12.6%

Memasuki  tahun 2018, Kanwil DJP Sumut II optimis dapat mencapai kinerja yang lebih baik lagi dengan melakukan berbagai kebijakan penggalian potensi perpajakan tanpa  menghambat iklim investasi dan usaha di wilayah Sumatera Utara.

“Kegiatan edukasi, dialog dan penyuluhan perpajakan akan semakin digiatkan untuk memberi pemahaman tentang hak dan kewajiban perpajakan. Pemanfaatan data perpajakan melalui kerjasama dengan pihak lain serta hasil penyampaian data wajib pajak melalui program amnesty pajak akan dioptimalkan guna mendukung tercapainya penerimaan pajak yang optimal,” jelas Tri Bowo.  (dya)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com