Perlu Sinergi untuk Pengembangan Wirausaha Nasional

 

Senin, 12 November 2012

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution memandang  perlu  adanya sinergi untuk akselerasi peningkatan dan pengembangan wirausaha nasional.

“Dalam entrepreneur summit 2011 yang lalu, sampai dengan  2015 direkomendasikan peningkatan jumlah wirausaha baru sebanyak 500.000 dan sampai dengan  tahun 2025 sebanyak 5 juta  wirausaha,”  Darmin Nasution  menjelaskan dalam laporan pembukaan pada acara  “Global Entrepreneurship Week Indonesia”,  Senin (12/11)   di Jakarta.

Acara  tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Boediono.

Bank Indonesia mulai tahun ini juga melakukan program kerja “Penciptaan Wirausaha Baru”. Sebagai pilot project, program ini selain dilaksanakan di kantor pusat Bank Indonesia juga dilaksanakan di 7 Kantor Perwakilan Bank Indonesia, yaitu Surabaya, Bandung, Semarang, Makassar, Denpasar, Palembang dan Yogyakarta dengan target kelompok yang dipilih adalah mahasiswa, eks Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan juga masyarakat umum.

Khusus untuk di kantor pusat, target yang dipilih adalah kelompok mahasiswa dari empat perguruan tinggi,  yaitu Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulllah.

“Tema yang dipilih adalah ”Green Entrepreneur”, yakni entrepreneur yang senantiasa berorientasi pada kelestarian lingkungan dan mampu bersaing di kancah internasional,” kata Dody Budi Waluyo, Kepala Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI.

Selain memberikan pelatihan, pendampingan dan mentoring, Bank Indonesia juga menyediakan bantuan seed capital bagi peserta yang layak. Dana tersebut pada hari ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden RI, kepada 8 orang perwakilan.

Kegiatan “Global Entrepreneurship Week” diikuti oleh 120 negara secara simultan dengan melibatkan lebih dari 7 juta pemuda.

Global Entrepreneurship Week adalah gerakan yang mendorong anak-anak muda diseluruh dunia untuk melepaskan seluruh potensi mereka dalam berinovasi dan ber-entrepreneur, dengan harapan mereka bisa menempuh langkah hidup mereka di masa depan sebagai entrepreneur yang menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui usaha-usaha inovatif yang mereka ciptakan.

Artikel Terkait:   Cegah Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme, Bappebti-PPATK Teken Kerja Sama

Tahun ini Bank Sentral pertama yang menjadi host kegiatan kampanye Global Entrepreneurship Week ada di Indonesia dan Afrika Selatan.  (ra)

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com