Rp 7,1 Triliun, Alokasi Dana Penguatan Desentralisasi Fiskal dan Percepatan Pembangunan Daerah 2010

Kamis, 8 Juli 2010

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –   Pemerintah  menetapkan alokasi   dana  penguatan desentralisasi fiskal (DPDF) dan  percepatan pembangunan  daerah (PPD)  tahun anggaran 2010 sebesar Rp 7,1 triliun.

DPDF dan PPD yang dialokasikan    kepada daerah provinsi dan kabupaten/kota   adalah bagian dari  Dana Penyesuaian Tahun Anggaran  2010 sebagaimana   ditetapkan dalam UU Nomor 47 Tahun 2009 tentang APBN Tahun Anggaran 2010, yang telah diubah  dengan UU Nomor 2 Tahun 2010.

Disebutkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 118/PMK.07/2010,  DPDF dan PPD  digunakan untuk membantu   mendukung  penguatan  desentralisasi fiskal  dan untuk  percepatan pembangunan   daerah  melalui penyediaan  dan pengembangan   bidang infrastruktur, dan  non-infrastruktur , serta sarana  pendukung lainnya  yang menjadi urusan daerah.

Alokasi  DPDF dan PPD itu  merupakan jumlah pengeluaran  setinggi-tingginya  yang diperbolehkan  untuk setiap bidang.

DPDF  dan PPD  merupakan  bagian dari pendapatan daerah  dan dianggarkan   dalam APBD tahun anggaran 2010 atau APBD Perubahan  tahun anggaran 2010.

PMK itu  menetapkan sejumlah kegiatan  yang tidak dapat didanai   dari DPDF  dan PPD. Yakni,   dana pendamping  dana alokasi khusus;  sewa; administrasi kegiatan;  penelitian;  pelatihan; dan  perjalanan dinas  pegawai daerah.

Penyaluran DPDF dan PPD  2010   dilakukan dengan cara pemindahbukuan   dari rekening kas  umum   negara ke rekening kas  umum daerah.

Penyalurannya  dilakukan secara bertahap. Perinciannya, tahap I dan II, masing-masing  45%, dan 10% untuk tahap III.

Laporan penyerapan penggunaannya  disampaikan  setelah penggunaan  dana telah mencapai   90%  dari dana  yang  telah ditransfer  ke rekening  kas umum   daerah.

Ditegaskan pula bahwa  pelaksanaan kegiatan  yang didanai DPDF dan PPD harus selesai paling lambat   31 Desember  2010. Sementara hasil dari  kegiatan  yang didanai  DPDF dan PPD sudah dapat  dimanfaatkan  pada akhir   tahun anggaran 2010.

Daerah penerima DPDF dan PPD   melakukan optimalisasi   penggunaan  atas besaran   dana yang diterimanya. Optimalisasi  itu hanya dapat dilakukan  untuk bidang yang sama. (ra)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com