Rupiah Melemah di Tengah Hari

Senin, 14 Mei 2018

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Di pertengahan hari ini, rupiah melemah menyusul aksi teror bom di Surabaya. Walai begitu, rupiah diprediksikan bergerak mixed dengan kecenderungan terapresiasi terhadap dolar AS dalam perdagangan hari ini.

Range rupiah hari Senin diperkirakan sekitar Rp 13.915 hingga Rp 14.000.

Aksi yang banyak menelan korban tersebut tidak begitu membebani perekonomian. Bahkan, rasa optimisme  tetap terpelihara. Ekonom PT Bank Central Asia Tbk, David Sumual mengatakan, dampak serangan terorisme yang terjadi dalam dua hari terakhir, sepertinya tidak banyak mengganggu kondisi ekonomi dalam negeri.

Menurut dia, saat ini, justru untuk nilai tukar rupiah terlihat menguat, bila dibandingkan akhir pekan lalu. Hal itu, ternyata dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Tapi berbeda dengan pendapat analis lainnya. Seperti dikutip viva.co.id, analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta mengatakan secara teknikal, pada USDIDR daily chart terlihat pola bearish engulfing line candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi penguatan bagi rupiah terhadap dolar AS. Sedangkan indikator stichastic dan RSI masih berada di area netral.

Sementara itu sentimen domestik, diharapkan aksi teror bom yang terjadi di Surabaya mampu ditangani dengan baik oleh aparat keamanan, sehingga situasi dan kondisi keamanan dalam negeri tetap kondusif bagi pasar.

Selain itu, para pelaku pasar menantikan data neraca perdagangan per April pada Selasa yang diproyeksikan mengalami peningkatan surplus dari $ 1,09 miliar menjadi $ 1,1 miliar.

Adapun data-data makorekonomi global pada Senin diproyeksikan tidak memberikan high market impact sehingga para pelaku pasar sebaiknya mencermati berbagai sentimen yang ada.

Sementara itu, secara eksternal isu kenaikan suku bunga The Fed, perang dagang antara AS dengan China dinamika geopolitik yang terjadi terutama di kawasan Timur Tengah akan memengaruhi pergerakan dolar AS terhadap berbagai instrumen lainnya, termasuk rupiah. (au)

Leave a Comment

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com