Tingkat Kepatuhan WP Masih Sangat Rendah

 

Kamis, 3 Januari 2013

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  Dari sekitar 60 juta   wajib pajak (WP) orang pribadi  yang seharusnya membayar pajak,  baru sekitar 25 juta  WP orang pribadi   yang sudah membayar pajak.

Untuk WP Badan Usaha, diperkirakan baru  sekitar 520.000  yang menyerahkan Surat Pemberitahuan (SPT). Jumlah tersebut  10,4%  dari sekitar 5 juta  badan usaha yang seharusnya mampu membayar pajak.

“Permasalahan utama perpajakan yang harus kita benahi bersama ke depan adalah tingkat  kepatuhan WP yang masih sangat rendah,” kata  Kismantoro Petrus, Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan  Humas DIrektorat Jenderal Pajak (DJP), belum lama berselang.

Untuk meningkatkan kepatuhan, Petrus menambahkan,  DJP telah melakukan berbagai kebijakan pada bidang administrasi  dan peraturan perpajakan.  Antara lain,  Sensus Pajak Nasional tahap kedua;  registrasi ulang pengusaha kena pajak; harmonisasi peraturan perpajakan; dan kenaikan penghasilan tidak kena pajak tahun 2013.

DJP juga membuat kebijakan di bidang kelembagaan, seperti pembukaan Kantor Pelayanan Pajak (KPP)  Khusus Migas dan Pertambangan; pembukaan Kantor Pengolahan  Data Eksternal; dan pembukaan Kantor Pengolahan  Data dan Dokumen Perpajakan Makasar. (ra)

 

Artikel Terkait:   Beleid tentang Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara Direvisi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com