Perampingan Birokrasi, Eselon III dan IV Dihapus di KemenPAN-RB

Rabu, 30 Oktober 2019

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo berjanji akan memangkas pejabat eselon. Hal ini dilakukan demi menjalankan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merampingkan birokrasi.

Bahkan Tjahjo menyatakan akan melakukan pemangkasan ini dalam waktu setahun. Tjahjo menyebutkan bahwa penghapusan jabatan eselon III dan IV dimulai bulan ini di kementerian yang dipimpinnya.
“Ada empat poin pidato Presiden Jokowi, yang terutama soal eselonisasi harus disederhanakan mau dipangkas hanya jadi dua,” kata Tjahjo di kantornya, hari ini.

“Kita ingin meningkatkan layanan target, eselonisasi itu paling lama 10 tahun dan saya mulai dari KemenPAN-RB yang bulan ini eselon III dan IV saya pangkas. Kalau minta Kementerian/Lembaga itu dimulai dari KemenPAN-RB untuk jadi contoh,” kata Tjahjo menegaskan.
Namun, Tjahjo memastikan, walaupun tidak lagi ada eselon III dan IV, para PNS yang berada di jabatan tersebut tidak berkurang pendapatannya. “Secara prinsip yang terima penghasilan itu, tidak akan kita kurangi dan akan ditata,” kata Tjahjo menekankan.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan bakal serius menyederhanakan birokrasi di pemerintahannya bersama Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024. Salah satu yang akan dilakukan Jokowi adalah menyederhanakan kepangkatan eselon di kementerian dan lembaga.

“Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi dua level saja,” kata Jokowi dalam pidato pelantikannya di Gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10).

Nantinya, eselon diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi. (au)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *