Dampingi Jokowi ke Australia, Menko Perekonomian Perkuat Kerja Sama Bilateral di Bidang Ekonomi

Senin, 10 Februari 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan dengan Gubernur Jenderal Australia, Ahad (09/02) di Canberra. Dalam kesempatan ini, Presiden menyoroti hubungan diplomatik Indonesia-Australia yang telah berjalan selama 70 tahun dan mendiskusikan beberapa isu ekonomi serta kerja sama kedua negara.

Presiden menggarisbawahi eratnya people-to-people contact antara kedua negara. “Saat ini, ada 21.000 pemuda Indonesia belajar di Australia dan lebih dari 1,3 juta wisatawan Australia berkunjung ke Indonesia,” tutur Presiden.

Selanjutnya kedua negara juga membahas perkembangan ratifikasi Indonesia-Australia CEPA (IA-CEPA) yang telah dilakukan serta disepakatinya Rencana Aksi Bersama Kemitraan Strategis Komprehensif RI-Australia 2020-2024. Melalui IA-CEPA ini, Presiden mengangkat isu peningkatan daya saing UMKM Indonesia.

Presiden pun mendorong peningkatan kerja sama pembangunan ekonomi kawasan yang hijau dan berkelanjutan, salah satunya dengan pengurangan penggunaan plastik dan peningkatan produk daur ulang.

Tak lupa, diawal pidatonya, Presiden menyampaikan simpati dan belasungkawanya terhadap bencana kebakaran lahan di New South Wales, Victoria dan Queensland serta telah mengirimkan dukungan personil sebagai bentuk bantuan.

Di hari yang sama, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memenuhi undangan pertemuan dari Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia di Hyatt Hotel Canberra.

Dalam agenda tersebut didiskusikan beberapa isu kerja sama bilateral ekonomi kedua negara, meliputi perkembangan IA-CEPA yang sudah diratifikasi oleh kedua negara dan kerja sama pada bidang perternakan. Selain itu, dilanjutkan dengan pembahasan isu pembentukan forum pertemuan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Investasi dari kedua negara untuk memastikan rencana-rencana kerja sama bilateral kedua negara dapat segera terimplementasi.

Hadir dalam agenda tersebut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia serta beberapa pejabat eselon 1 Kementerian dan Lembaga terkait. Sementara dari pihak Australia hadir Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia, Menteri Pertanian, Secretary of Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), Duta Besar Australia untuk Indonesia dan pejabat kementerian perdagangan. (ray)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *