Penanaman Modal Asing Mendominasi Investasi di Karawang

Selasa, 11 Februari 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan investasi di wilayah Karawang sepanjang Januari hingga Desember 2019 didominasi Penanaman Modal Asing (PMA).

“Realisasi PMA selama tahun 2019 mencapai Rp 21,324 triliun dai total investasi sebesar Rp  24,296 triliun ,” kata Kepala Seksi Data Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu setempat, Oktaf Hariadji, di Karawang, Senin (10/2).

Realisasi investasi dari PMA itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang hanya Rp 2,927 triliun.

Untuk jumlah proyek di Karawang dari investasi PMA dan PMDN mencapai 1.916 proyek.

Ia mengatakan, ada lima negara yang mendominasi penanaman investasi di Karawang,yakni China, Jepang, Belanda, Singapura dan Korea Selatan.

Menurut dia, sektor yang paling banyak menarik investor, di antaranya transportasi, gudang dan komunikasi.

Kemudian sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran. Selanjutnya bidang listrik, gas dan air. Lalu bidang kontruksi, serta investasi bidang otomotif.

Dikatakannya, sesuai laporan Badan Koordinasi Penanaman Modal Jabar, dari lima kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat, realisasi  investasi di Karawang masuk urutan kedua tertinggi. Urutan investasi pertama ialah Kabupaten Bekasi dan ketiga Kabupaten Bogor.

Selanjutnya Kabupaten Cirebon masuk urutan investasi tertinggi keempat dan kelima ialah Kota Bekasi. (ki)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *