Pemda NTT segera Ambil-alih PT Semen Kupang

Senin, 2 Maret 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM- Pemerintah  Daerah (Pemda) Nusa Tenggara Timur (NTT) segera mengambil alih pengelolaan PT.Semen Kupang, guna mengoptimalkan produksi semen bagi kebutuhan masyarakat di provinsi berbasis kepulauan ini.

“Pemerintah NTT akan mengambil alih pengelolaan PT Semen Kupang, karena saat ini produksi semen PT.Semen Kupang belum maksimal karena tidak mampu memenuhi kebutuhan semen di NTT,” kata Gubernur  NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Sabtu (29/2).

Menurut Viktor, kebutuhan semen di Nusa Tenggara Timur setiap tahun mencapai 1,2 juta ton/ tahun dan kebutuhan semen di Negara Timor Leste mencapai 600 ribu ton/tahun.

Namun produksi semen yang dilakukan PT Semen Kupang selama ini, menurut dia, hanya mampu mencapai 250 ribu ton. “Produksi Semen Kupang saat ini hanya mampu mencapai 250 ribu ton/tahun dengan kondisi pabrik yang sangat buruk dan selalu mengalami kerusakan,” tegas Viktor.

Ia mengatakan, Pemerintah NTT akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 500 miliar dari APBD untuk mendukung pengambil alihan pengelolaan pabrik Semen Kupang, sehingga Pemerintah NTT memiliki saham mencapai 80%  pada PT Semen Kupang.

Pengelolaan  PT Semen Kupang ini akan dilakukan bekerjasama dengan pengusaha dari China. “Apabila penanganan virus Corana di China sudah selesai maka proses kerjasama pengambil alihan pengelolaan PT Semen Kupang akan segera dilakukan,” tegasnya.

Dia mengatakan, NTT memiliki bahan baku berupa batu kapur untuk bahan baku Semen yang melimpah, sehingga sangat disesalkan potensi SDA yang melimpah itu tidak dikelola optimal bagi peningkatan produksi semen yang berdampak pada peningkatan pendapatan daerah ini. (ki)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *