Pendataan Penerima Bansos Diserahkan kepada Daerah

Senin, 27 April 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menyatakan mekanisme pendataan penerima bantuan sosial (Bansos) tidak diatur pemerintah pusat, melainkan diserahkan kepada daerah.

“Mekanisme pendataannya atau alokasi per kelurahan/desa, diserahkan full ke daerah. Kami tidak mengatur hal tersebut supaya nanti tidak kacau,” ujar Mensos, Senin (27/4).

Menurut dia, dalam pelaksanaannya pasti ada saja warga yang tidak menerima bantuan sosial tersebut. Oleh karenanya dia menekankan penyelesaian dapat dilakukan oleh pemerintah daerah. “Sudah pasti ada yang tidak menerima (bansos). Makanya penyelesaiannya silahkan pemda atur,” ujar dia.

Dia menekankan sejatinya pendataan dana lokasi bansos dapat dibicarakan antarwarga dan dipimpin ketua RW atau kepala desa.

“Rakyat kita kan punya semangat gotong-royong. Kalau yang sudah dapat, terus dapat lagi, dikasih ke yang belum dapat. Saya yakin dapat diselesaikan secara kekeluargaan di level warga. Adat kita sudah seperti itu,” ujar dia. (ki)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *