Surplus Neraca Perdagangan Januari-Mei 2020 Perkuat Ketahanan Ekonomi

Selasa, 16 Juni 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Bank Indonesia menilai surplus neraca perdagangan periode Januari-Mei 2020 yang sebesar US$ 4,31 miliar akan memperkuat ketahanan eksternal perekonomian Indonesia di tengah dinamika tekanan ekonomi global akibat pandemi COVID-19.

Surplus  neraca perdagangan Indonesia dalam lima bulan terakhir ini lebih tinggi dibanding periode yang sama pada 2019 yang hanya sebesar US$ 2,68 miliar.

“Surplus neraca perdagangan tersebut berkontribusi positif dalam menjaga ketahanan eksternal perekonomian Indonesia,” kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia  Onny Widjanarko, Senin (15/6).

Untuk periode Mei 2020 saja, Indonesia berbalik mencetak surplus neraca perdagangan sebesar US$ 2,09 miliar, setelah pada April 2020 mencatat defisit US$ 372,1 juta.

Surplus pada Mei 2020 itu didukung oleh surplus neraca perdagangan nonmigas dan perbaikan defisit neraca perdagangan migas.

“Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk meningkatkan ketahanan eksternal, termasuk prospek kinerja neraca perdagangan,” ujar Onny.

Neraca perdagangan nonmigas Indonesia pada Mei 2020 surplus sebesar US$ 2,10 miliar, atau berbalik dari April 2020 yang defisit US$ 81,7 juta. Hal itu karena penurunan impor nonmigas sejalan dengan permintaan domestik yang melemah akibat merebaknya dampak pandemi COVID-19.

Penurunan impor nonmigas terjadi pada seluruh golongan penggunaan barang.

Sementara itu, ekspor nonmigas menurun sejalan dengan pertumbuhan ekonomi global yang juga melambat. Adapun neraca perdagangan migas pada Mei 2020 mencatat defisit sebesar US$ 5,4 juta, atau lebih rendah dari defisit pada bulan sebelumnya sebesar US$ 290,4 juta.

Perbaikan defisit ini dipengaruhi penurunan impor migas sejalan dengan penurunan permintaan minyak mentah dan hasil minyak, dan peningkatan ekspor migas, terutama pertambangan gas. (ki)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *