Potensi Perikanan Arus Deras di Sukabumi akan Dikembangkan

Kamis, 18 Juni 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan siap mengembangkan potensi perikanan di Sukabumi, Jawa Barat, karena daerah ini mempunyai sumber daya air deras yang bisa mendongkrak usaha perikanan Indonesia.

“Seperti diketahui potensi perikanan air deras di Sukabumi ini sangat besar, bahkan daerah lain seperti DKI Jakarta mayoritas produk perikanan air tawarnya dipasok dari Sukabumi,” katanya, Rabu (17/6) malam.

Menurut dia, sebenarnya ia sudah melirik potensi perikanan di Sukabumi sejak menjadi Ketua Komisi IV DPR RI, namun baru kesampaian setelah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Kota dan Kabupaten Sukabumi mempunyai potensi perikanan darat (air tawar) yang besar, tidak hanya untuk konsumsi di Jakarta banyak pemacingan yang ikannya dipasok dari Sukabumi, Ini membuktikan bahwa potensi tersebut memang sudah ada sejak lama, tapi pihaknya menginginkan produktivitasnya terus meningkat.

Apalagi, perikanan merupakan salah satu sektor ekonomi andalan untuk meningkatkan pendapatan negara dan masyarakat, apalagi Indonesia banyak mempunyai sungai khususnya Sukabumi yang kualitasnya air sangat cocok untuk pengembangan usaha perikanan tersebut.

“Kami juga akan menyerap aspirasi dari para pembudidaya ikan air tawar agar bisa mengetahui apa saja yang diperlukan untuk mendongkrak kuantitas dan kualitas produk perikanannya agar pangsa pasarnya tidak hanya dalam negeri tetapi bisa hingga ekspor,” tambahnya.

Adapun agenda kerja orang nomor satu di Kementerian dan Perikanan RI ini pada Kamis, (18/6) akan melaksanakan olah raga bersama masyarakat kemudian mengungjungi Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, dilanjutkan ke Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu dan ke tambah udang di Ujung Genteng, Kabupatgen Sukabumi. Terakhir akan menyusuri potensi perikanan laut di Cidaun, Cianjur dan panen udah di Garut Selatan, Jabar. (KR-ADR). (sr)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *