IDI: 100 Dokter Meninggal karena Covid-19

Senin, 31 Agustus 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Sebanyak 100 dokter meninggal dunia sejak pandemi virus corona (Covid-19) menghantam Indonesia lima bulan terakhir. Berdasarkan laporan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), seluruh dokter tersebut telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. 

“IDI mencatat dokter yang meninggal dunia dengan Covid-19 sudah genap 100 orang. Mari kita mendoakan agar kawan-kawan kita yang gugur mendapat tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa, keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran serta perjuangannya mengilhami dan menjadi tauladan bagi kita semua agar tetap komitmen menjalankan pengabdian kepada kemanusiaan,” kata Ketua Umum PB IDI, dr. Daeng M Faqih, kutip viva.co.id, hari ini.

Berdasarkan catatan, kasus terbaru dokter yang meninggal dunia adalah dua dokter yang berasal dari IDI Cabang Kota Medan, yang mengembuskan napas terakhir di rumah sakit Kota Medan, Minggu 30 Agustus 2020.

Kedua dokter itu bernama dr. Daud Ginting SpPD Finasim yang mengembuskan napas terakhir Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Sementara itu, satu lagi adalah dr. Edwin Parlindungan Marpaung SpOT yang meninggal dunia pada Minggu malam sekitar pukul 21.44 WIB.

“Agar tidak putus-putusnya berdoa bagi semua kawan-kawan sejawat kita. Sebagai garda terdepan yang sedang berjuang membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan perawatan COVID-19, semoga diberikan kesehatan, keselamatan, mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT serta dimudahkan segala urusannya,” lanjut Faqih.

Ia juga menyampaikan¬†ucapan duka kepada petugas kesehatan lainnya yang telah gugur. “Sejawat dokter yang gugur dalam penanganan Covid-19 sudah mencapai 100. Demikian juga petugas kesehatan lainnya yang gugur juga bertambah,” kata Faqih menambahkan.¬†

Untuk diketahui, BPS mencatat jumlah dokter di Indonesia pada 2019 sebanyak 81.011 orang. Sebaran terbanyak terpusat di Pulau Jawa yakni DKI Jakarta 11.365 orang, Jawa Timur 10.802, Jawa Tengah 9.747, dan Jawa Barat 8.771. (au)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *