Program PEN Diharap Efektif Dongkrak Daya Beli

Oleh sukri

Rabu, 2 September 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengharapkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sudah dicanangkan pemerintah dapat efektif membantu penguatan daya beli masyarakat.

Suhariyanto mengungkapkan hal tersebut karena pandemi COVID-19 telah melemahkan daya beli masyarakat dan menyebabkan terjadinya deflasi selama dua bulan berturut-turut.
“COVID-19 ini menghambat konsumsi masyarakat dan menurunkan daya beli. Kita tentu bisa berharap bisa pulih melalui kebijakan dalam PEN,” katanya, Selasa (1/9).

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi daya beli karena mampu menekan pendapatan masyarakat dan mengurangi permintaan atas barang konsumsi.

Lesunya daya beli itu juga tercermin dari inflasi inti dari tahun ke tahun (yoy) yang saat ini tercatat 2,03%  atau lebih rendah dari rata-rata sebelumnya.

“Kalau dari barang bergejolak yang deflasi, supply itu mencukupi. Tapi dari pergerakan inflasi inti hanya 2,03%, ini menunjukkan daya beli masyarakat belum pulih,” katanya.

Sebelumnya BPS mencatat terjadinya deflasi pada Juli-Agustus 2020 masing-masing sebesar 0,10%  dan 0,05% karena turunnya harga kebutuhan pangan dan tarif angkutan udara.

Tren penurunan inflasi ini mulai terlihat sejak pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia pada Maret dan mulai mempengaruhi kinerja perekonomian.

Pelambatan itu bahkan mempengaruhi inflasi pada periode Lebaran yang melandai pada April-Mei 2020 masing-masing hanya sebesar 0,08% dan 0,07%.

Padahal biasanya pada periode Lebaran terjadi inflasi tinggi karena adanya kenaikan harga bahan makanan maupun tarif transportasi seiring dengan tingginya permintaan.

Dengan terjadinya deflasi, maka inflasi tahun kalender Januari-Agustus 2020 mencapai 0,93% dan inflasi tahun ke tahun (yoy) sebesar 1,32%.

Inflasi (yoy) sebesar 1,32% ini merupakan yang terendah sejak periode Mei 2000 yang tercatat 1,2%. (sr)

Silakan baca juga

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, BNPB Tambah Dukungan Dana Siap Pakai

Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura Segera Beroperasi

Kementerian PUPR Jajaki Kerja Sama dengan Finlandia dalam Pengembangan Smart City di IKN

Leave a Comment