Ada 28 Titik Pertashop di Kalimantan

Jumat, 11 September 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM –  Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan berhasil mengoperasikan 28 titik Pertashop yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kalimantan, yaitu di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun, mengutarakan bahwa adanya Pertashop merupakan inovasi Pertamina dalam upaya meningkatkan aksesibilitas masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan energi yaitu Bahan Bakar Minyak dan Elpiji.

Di Kalimantan Timur sendiri sudah ada 6 titik yang beroperasi, yaitu di Desa Muara Komam, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser ; Desa Muut Kec. Nyuatan, Kab. Kutai Barat ; Desa Muhur, Kec. Siluq Ngurai Kab. Kutai Barat ; Desa Kelinjau Tengah Kec. Muara Ancalong, Kab. Kutai Timur ; dan Desa Sumber Sari, Kec. Long Mesangat, Kab. Kutai Timur.

Rabu (9/9) telah beroperasi pula satu titik tambahan Pertashop di Desa Jengan Danum Kec. Damai, Kabupaten Kutai Barat.

Untuk Kalimantan Barat, terdapat 6 titik yang beroperasi, yaitu di Desa Pak Laheng, Kec. Toho, Kab. Mempawah ; Desa Mukti Raharja, Kec. Subah, Kab. Sambas ; Desa Pancur Kec. Tangaran, Kab. Sambas ; Desa Setalik Kec. Sejangkung, Kab. Sambas ; Desa Jelu Air Kec. Jawai Selatan, Kab. Sambas ; dan Desa Tengguli Kec. Sajad, Kabupaten Sambas.

Kemudian, di Kalimantan Tengah 8 titik yang beroperasi, yaitu 5 titik di Kab. Kotawaringin Timur di Desa Beringin Agung Kec. Telaga Antang, Desa Pondok Damar Kec. Mentaya Hilir Utara, Desa Basawang Kec. Teluk Sampit, Desa Bapeang Kec. Mentawa Baru, Desa Tumbang Tilap Kec. Bukit Santuai. Lokasi Pertashop lainnya yaitu di Talio Muara Kec. Pandih Batu, Kab. Pulang Pisau ; Desa Kereng Bangkirai Kec. Sebangau, Kota Palangka Raya ; dan Desa Tamban Luar, Kec. Bataguh, Kab. Kapuas.

Pertashop juga telah hadir di daerah Kalimantan Selatan sebanyak 8 titik yang beroperasi, yaitu 4 titik di Kabupaten Banjar, di Desa Sungai Rangas Tengah Kec. Martapura Barat, Desa Rantau Bakula Kec. Sungai Pinang, Desa Kampung Baru Kec. Beruntung Baru, Desa Madurejo Kec. Sambung Makmur. Tiga titik lainnya berada di Kab. Tanah Bumbu, yaitu di Desa Giri Mulya Kec. Kuranji , Desa Bulu Rejo Kec. Mantewe, Desa Maduretno Kec. Karang Bintang. Satu titik lainnya berada di Desa Bajuin Kec. Bajuin, Kab. Tanah Laut.

Roberth menambahkan Pertashop ini bentuk komitmen Pertamina dalam menyalurkan energi hingga ke daerah-daerah yang cukup jauh jangkauannya ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

“Dengan tersedianya Pertashop di pedesaan, masyarakat akan semakin mudah memperoleh produk-produk berkualitas Pertamina dengan harga yang sama seperti di SPBU. Produk yang dijual di Pertashop antara lain bahan bakar yaitu Pertamax, elpiji bright gas, dan pelumas,” jelas Roberth.

Lebih lanjut, Roberth menyampaikan bahwa dengan adanya Pertashop di level pedesaan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat karena uang belanja BBM dan elpiji dapat ditekan dan pembangunan desa juga dapat meningkat.

“Pertamina mengembangkan dua pola investasi dalam pendirian Pertashop. Pertama, Pertamina yang berinvestasi dan desa yang menjalankan atau desa yang melakukan investasi melalui Bumdes dan ada rasio pembagian keuntungan. Dapat juga mengandeng swasta untuk berinvestasi,” tambah Roberth.

Pertashop ini sejalan dengan program OVOO (One Outlet One Village) dimana memastikan bahwa persebaran pangkalan LPG 3 kg terdapat di masing-masing desa atau suatu daerah untuk pemerataan distribusi. (rdy)

Leave a Comment