Mendag Ajak Diaspora di Luar Negeri Bangga Produk Buatan Indonesia

Oleh rudya

Rabu, 21 Oktober 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak seluruh diaspora Indonesia di luar negeri untuk bangga akan produk buatan Indonesia. Salah satunya, dapat diwujudkan dengan membeli dan menggunakan produk Indonesia.

Hal ini disampaikan Mendag saat memberikan sambutan dalam acara Pengumuman Pemenang Lomba Videografi Bangga Menggunakan Produk Indonesia di Taiwan yang digelar Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei secara virtual pada Selasa (20/10).

Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Jenderal Suhanto, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan, Kepala KDEI Budi Santoso.

Selain itu, hadir pula para finalis, pengusaha Indonesia di Taiwan, diaspora Indonesia, distributor produk Indonesia, mahasiswa, serta pekerja migran Indonesia di Taiwan.

“Ayo beli dan gunakan produk buatan Indonesia di manapun Anda berada karena Indonesia memiliki banyak karya-karya dan produk yang membanggakan. Diaspora memegang peranan yang sangat penting dalam penggunaan produk Indonesia karena komunitas memiliki jaringan yang kuat dan memahami kondisi terkini di lapangan,” ungkap Mendag.

Menurut Mendag, Indonesia memiliki banyak karya-karya dan produk yang membanggakan. Produk yang berkualitas dihasilkan tidak hanya oleh industri skala multinasional, namun juga oleh industri rumahan, petani, dan nelayan Indonesia. Produk-produk ini harus menjadi kebanggaan sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri sebagai bangsa yang besar serta bangga terhadap hasil karya bangsanya sendiri.

“Dengan terus menerus mempromosikan penggunaan produk Indonesia di luar negeri diharapkan akan diikuti dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk Indonesia yang berujung pada peningkatan ekspor dan tentu saja bermuara pada perbaikan perekonomian nasional,” pungkas Mendag.

Lomba videografi Bangga Menggunakan Produk Indonesia di Taiwan dimulai pada 17 Agustus 2020 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-75. Kegiatan ini bertujuan untuk mengampanyekan kebanggaan menggunakan produk buatan Indonesia bagi diaspora Indonesia yang berada Taiwan, sekaligus mempromosikan penggunaan produk buatan Indonesia bagi masyarakat Taiwan.


Lomba diikuti 99 peserta yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan, warga negara Taiwan, serta warga negara asing lain yang berada di Taiwan. Adapun para pemenang terdiri atas tiga video terbaik dan satu video terfavorit. (ray)

Silakan baca juga

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, BNPB Tambah Dukungan Dana Siap Pakai

Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura Segera Beroperasi

Kementerian PUPR Jajaki Kerja Sama dengan Finlandia dalam Pengembangan Smart City di IKN

Leave a Comment