Sesmilpres Jadi Panglima Brawijaya

Kamis, 22 Oktober 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Perombakan di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali bergulir. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kemarin, 21 Oktober 2020, telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor Kep/835/X/2020 tanggal 21 Oktober 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. 

Salah satunya adalah posisi Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, diganti Mayor Jenderal TNI Suharyanto, Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Sesmilpres Kemensetneg). Selanjutnya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah dimutasi ke Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. 

Dalam surat keputusan itu, Panglima TNI telah melakukan mutasi jabatan terhadap 47 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang terdiri dari 16 Pati TNI AD, 19 Pati TNI AL, dan 12 Pati TNI AU. 

Untuk diketahui, sebagai Sesmilpres Kemensetneg, Mayjen TNI Suharyanto, bukanlah orang sembarangan di dunia militer. Sebagai Sesmilpres tentunya Mayjen TNI Suharyanto sangat dekat dengan kegiatan sehari-hari Presiden RI, Joko Widodo. 

Selain itu, dalam catatan karir militernya, Jenderal bintang dua lulusan Akmil tahun 1989 itu memiliki banyak pengalaman di satuan militernya. Mayjen TNI Suharyanto sebelum menjabat sebagai Sesmilpres pernah dipercaya sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer Jayakarta (Kasdam Jaya) pada tahun 2018-2019. 

Selain itu, jenderal bintang dua itu diyakini memiliki kemampuan dalam menganalisa dunia intelejen, karena dia  pernah menjabat sebagai Direktur Kontra Separatisme Deputi III Badan Intelejen Negara pada tahun 2017-2018. Dan sebelumnya dia dipercaya untuk menjabat Karopeg Settama BIN pada tahun 2016-2017.

Selain sebagai seorang prajurit TNI yang dibesarkan dari satuan cabang infanteri, Mayjen TNI Suharyanto juga memiliki kemampuan dalam dunia intelijen. Sudah barang tentu kemampuan dalam mengelola pasukan tempur di lapangan pun tidak perlu diragukan lagi, karena Mayjen TNI Suharyanto juga pernah menjabat sebagai Danrem 051/Wijayakarta pada tahun 2015-2016 silam. (au)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *