Khawatir Terjangkit Covid-19, Dirjen WHO Karantina Mandiri

Senin, 2 November 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Rasa khawatir terjangkit Covid-19 menyergap Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Beberapa saat setelah melakukan kontak dengan seseorang yang baru saja diidentifikasi dinyatakan terinfeksi virus korona (covid-19), bos WHO melakukan karantina mandiri.  

Meski begitu, seperti diketahui kondisi Tedros pada saat sekarang ini relatif sehat.
 
“Saya telah teridentifikasi melakukan kontak dengan seseorang yang positif covid-19. Saya baik-baik saja dan tidak menunjukkan gejala, tapi akan melakukan karantina mandiri dalam beberapa hari ke depan sesuai protokol,” demikian tulis Tedros di Twitter.
 
“Merupakan hal penting bagi kita semua untuk selalu mengikuti panduan kesehatan. Inilah cara kita memutus rantai transmisi covid-19, meredam virus tersebut, dan melindungi sistem kesehatan,” sambungnya, dilansir dari laman Anadolu Agency pada hari ini.

Meski karantina mandiri, Tedros mengaku akan tetap berkoordinasi dengan jajaran WHO untuk bekerja memerangi covid-19 dari rumah. Ia menekankan pentingnya semua pihak untuk melindungi kelompok-kelompok paling rentan di tengah pandemi covid-19 saat ini. Pandemi covid-19 telah menewaskan lebih dari 1,19 juta orang di 189 negara dan kawasan sejak pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok, pada Desember tahun lalu.

Amerika Serikat, India, dan Brasil masih menjadi tiga negara teratas dalam jumlah kasus dan kematian akibat covid-19.

Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Senin pagi waktu Indonesia, total kasus covid-19 di kancah global mencapai 46.419.939, dengan 1.199.500 kematian dan 31.009.559 pasien sembuh.

Saat ini banyak negara beramai-ramai mengembangkan vaksin covid-19. Namun hingga saat ini, belum ada satu pun yang terbukti aman dan efektif dalam menangani covid-19. (au)

Leave a Comment