Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri

Rabu, 13 Januari 2020

Jakarta, MINDCOMMONLINE.COM – Dari lima calon, akhirnya Presiden Joko Widodo telah resmi mengajukan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal untuk menduduki tampuk kepemimpinan Kepolisian RI. Nama Listyo telah diajukan ke DPR, dan tak berapa lagi akan diuji kepatutan dan kelayakan di DPR.

“Surpres (Surat Presiden) telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” ujar Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Jakarta, hari ini.

Sebelumnya  telah beredar lima nama yang bakal menduduki Kapolri. Seperti Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan lima nama calon kepada Presiden Jokowi. Ketua Kompolnas Mahfud MD memaparkan kelima calon penerus kepemimpinan Jenderal (Pol) Idham Azis, seluruhnya menyandang bintang tiga.

“Ini lima nama komjen pol (bintang tiga) yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri,” ujar Mahfud dikutip dari akun twitternya, @mohmahfudmd, Jumat (8/1/2021).

Kelimanya adalah Wakapolri Komjen (Pol) Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar. Kemudian Kepala Bareskrim Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo; Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen (Pol) Arief Sulistyanto; dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen (Pol) Agus Andrianto.

Dari data yang dihimpun, Komjen Listyo Sigit Prabowo lahir di Kota Ambon, Maluku, 5 Mei 1969. Lulusan Akademi Kepolisian 1991 itu menjadi Kapolresta Solo pada 2011. Pada saat bersama Jokowi saat itu menjabat walikota Solo.

Dalam masa kepemimpinannya, Sigit pernah menangani kasus bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah. Setahun kemudian, Komjen Listyo Sigit Prabowo ditarik ke Bareskrim menjadi Kasubdit II Dittipidum. Pada 2013, Komjen Listyo Sigit Prabowo kemudian diangkat menjadi Dirkrimum Polda Sulawesi Tenggara.

Bintang Terang

Bintang Listyo makin terang benderang, menyusul Jokowi terpilih sebagai presiden. Listyo kemudian dipercaya menjadi ajudan. Komjen Listyo mulai bertugas menjadi ajudan Jokowi pada Senin, 27 Oktober 2014.

Dua tahun berselang, Listyo kembali mendapat promosi. Dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo dipercaya menduduki posisi Kapolda Banten. Sebagai Kapolda Banten, Listyo Sigit Prabowo sempat mengamankan Pilgub Banten 2017 dan Pilkada Serentak 2018. Listyo Sigit Prabowo bertugas sekitar 2 tahunan sebagai Kapolda Banten.

Pada 2018, Listyo Sigit Prabowo diangkat menjadi Kadiv Propam Polri. Dia menggantikan Irjen Martuani Sormin, yang ditugaskan sebagai Kapolda Papua. Dengan jabatan itu, Listyo pun mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Irjen.

Selanjutnya, Listyo Sigit Prabowo dipromosikan menjadi Kabareskrim. Posisi Kabareskrim sebelumnya dijabat Idham Azis, yang diangkat Jokowi menjadi Kapolri. (au)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *